Jenis dan Manfaat Durian

Buah durian sering disebut orang dengan julukan rajanya buah buahan atau istilah kerennya King Of  Fruit. Durian tidak hanya enak dan nikmat tapi memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh kita. Jenisnya pun beragam apalagi manfaat buah yang satu ini.

 

 

 

Berikut Jenis dan manfaat buah durian :

- Jenis Durian

1. Durian Jingga. Jenis durian ini dikembangkan dan dihasilkan di Desa Pait, Kec Kasembon, Kab Malang, Jawa Timur.

Ciri ciri durian jingga memiliki aroma yang sedang atau tidak terlalu menyengat, rasa daging buahnya manis sedikit pahit (legit). Warna daging buah kuning bergaris jingga/merah.

2. Durian Arab. Jenis durian ini dikembangkan dan dihasilkan di Desa Pait, Kec Kasembon, Kab Malang, Jawa Timur.

Ciri ciri durian arab memiliki aroma yang sedang tidak terlalu menyengat, rasa daging buah manis pahit dan bertekstur lembut berserat. Warna daging buah kuning.

3. Durian Otong. ( Parung Bogor). Dikenal juga sebagai varietas durian mon thong atau golden pillow di Thailand.

Buahnya memanjang dengan bagian ujung dan pangkal meruncing. Warna kulit kekuningan. Durinya berbentuk kerucut, berukuran kecil, dan agak rapat. Berat buahnya 2 – 4 kg. Daging buah tebal, kering, kurang lemak, kuning, bertekstur sangat halus, beraroma tidak begitu tajam, dan bercita rasa sangat manis.

4. Durian Matahari. Durian ini berasal dari Cimahpar, Bogor.

Daging buahnya kering dan tebal dan berwarna kuning cerah. Tekstur daging buahnya lembut dan rasanya manis. Keunggulan durian ini adalah lebih tahan hama penyakit daripada durian lainnya.

5. Durian Bido (Durian Wonosalam). Jenis durian ini asli dari daerah wonosalam, jombang, jawa timur.

Ciri ciri durian ini memiliki aroma sedang tidak terlalu menyengat, rasa daging buahnya manis dan pahit (legit). Warna daging buahnya kuning dan memiliki rasa yang sedikit pahit, rasa pahit inilah yang menjadi ciri khas dari durian ini. Buahnya cenderung kecil dan sedang tidak seperti ukuran durian pada umumnya.

6. Durian Petruk. Durian ini berasal dari Randusari, Jepara, Jawa Tengah, dan telah dilepas sebagai varietas unggul nasional.

Bentuk buahnya bulat telur terbalik dengan kulit buah tipis (sekitar 3 mm) berwarna hijau kekuningan. Durinya berbentuk kerucut, kecil, dan rapat. Daging buah berwarna kuning, berserat halus, agak lembek, dan rasanya manis sekali. Namun, aromanya tidak begitu tajam dan menyengat.

7. Durian Merah. Buah durian biasanya berwarna kuning namun ada buah durian yang dagingnya berwarna merah. Durian merah ini bisa kita jumpai di Desa Kamiren Banyuwangi, Jawa Timur. Ternyata durian ini merupakan salah satu buah durian yang menjadi unggulan di daerah Jawa Timur.

Durian yang nama latinnya durio graveolens memiliki ciri daging buah yang berwarna merah. Berbeda dengan durian pada umumnya, biji durian merah lebih kecil dan daging buahnya pun lebih tebal dan lebih manis. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dan aroma buah lebih menyengat. Untuk ukuran, buah ini berukuran sedang atau sedikit lebih kecil dibanding durian lain.

Dan masih banyak varietas atau jenis durian di indonesia ada 55 varietas  bahkan lebih.

- Manfaat Durian.

1. Kesehatan kulit.

Vitamin C merupakan senyawa yang dibutuhkan saat membuat kolagen, protein penting yang ditemukan dalam kulit, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Hal ini juga berperan penting dalam penyembuhan luka dan setiap buah durian mengandung 80% kebutuhan vitamin C harian.

2. Membantu pencernaan.

Durian kaya akan thiamin, vitamin B yang dapat membangkitkan nafsu makan dan menghasilkan asam klorida dalam lambung untuk pencernaan makanan yang tepat.

3. Mengatur kadar gula darah.

Durian dapat membantu mengatur kadar gula darah melalui bantuan senyawa yang disebut mangan.

4.Membantu melawan depresi.

Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien depresi memiliki kadar vitamin B6 yang rendah dalam tubuh. Vitamin B6 adalah salah satu nutrisi penting dalam memproduksi serotonin, zat kimia neorotransmitter yang mempengaruhi suasana hati.

5.Menghindari dan mengurangi sembelit.

Durian dikenal kaya serat, karbohidrat kompleks yang menyerap air dan secara efektif mempercepat proses pemindahan massal melalui sistem pencernaan.

6.Menjaga kesehatan tulang.

Durian juga kaya akan potasium. Ketika bicara tentang kesehatan tulang, kita mungkin hanya akan terfokus pada kalsium. Namun, potasium juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang lho. Potasium melindungi kalsium dengan mencegahnya terlalu banyak diekskresikan dalam urin.

7. Menjaga kesehatan tiroid.

Tembaga berperan dalam metabolisme tiroid, terutama dalam produksi dan penyerapan hormon.

8. Meringankan migrain.

Apakah Anda menderita migrain? Mengunyah durian dapat membantu meringankan rasa sakit di kepala. Riboflavin merupakan vitamin B yang ditemukan dalam durian, yang dapat digunakan untuk mengobati sakit migrain.

9. Meningkatkan kesehatan kehamilan.

Durian juga sarat akan folat, salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil dan wanita yang berencana untuk hamil. Folat sangat penting bagi pertumbuhan jaringan normal dan perlindungan terhadap masalah otak dan tulang belakang untuk bayi yang sedang berkembang.

Sumber Manfaat Durian: http://www.kaskus.co.id/post/50d813e01fd719581e000024#post50d813e01fd719581e000024

 

 

 

 

 

 

«